Lompat ke isi utama

Berita

MEMBUMIKAN PENGAWASAN PARTISIPATIF

MEMBUMIKAN PENGAWASAN PARTISIPATIF

Bawaslu gelar sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang dilaksanakan di Gedung Guru Kota muaradua, dengan dihadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel Iin Irwanto., ST.,MM, Ketua Bawaslu OKU Selatan Heri Aprizon., SH, dan Pimpinan Anggota Bawaslu OKU Selatan diantaranya Sigit Yuares, SE, Ahmad Basid, SE, Amrulloh, S.Ag, Donny Ferdinand, S.IP dan peserta kegiatan Organisasi Pemuda, pelajar dan wartawan Media, yang berlangsung kemarin Selasa (07/09/2021).

Kepala Sekretariat Bawaslu OKU Selatan, Bahdozen Hanan., Spd, MM, dalam laporannya mengatakan kegiatan ini merupakan program kerja dalam rangka pengawasan partisipatif bersama organisasi kepemudaan (OKP) dan pemilih pemula. Kegiatan pelatihan ini juga bertujuan untuk mengingatkan pemilu 2024 mendatang.

Dalam sambutan Ketua Bawaslu Kabupaten OKU Selatan, Hery Afrizon, SH, dan juga sebagai Pemateri kegiatan menjelaskan fungsi Bawaslu dalam penyelenggaran Pemilu, dimana Bawaslu dalam menjalankan fungsi pengawasan pemilu tentu saja membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat, disamping itu bawaslu membutuhkan kolaborasi yang kuat dengan awak media, yang mana awak media adalah tombak untuk memberikan informasi dan masyarakat kelompok pemilih atau pemantau pemilu yang merupakan kunci utama peningkatan partisipasi masyarakat.

Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, Iin Irwanto., ST.,MM, Didalam sambutan dan penyampaiannya sebagai pemateri Integritas penyelenggara dan proses penyelenggaraan Pemilu adalah prasyarat penting dalam Pemilu, agar hasil dari pelaksanaan pemilu mendapat legitimasi secara konstitusional dari seluruh rakyat. Dalam kaitan ini, adanya ruang untuk melakukan pengawasan pemilu menjadi penting. Pengawasan Pemilu perlu dilakukan untuk menjamin terbangunnya sistem politik yang demokratis.

Namun tidak akan terwujud hasil pemilu yang baik tanpa ada peran masyarakat terhadap kepedulian demokrasi pemilu, dan organisasi kepemudaan, pelajar dan media memiliki peran dalam pengawalan pemilu sesuai dengan aturan yang ada, Pemilu dan kita adalah keniscayaan, kita bagian dari proses dan akan menjadi presser.

Meskipun posisi Pandemi yang tak biasa dan harus beradaptasi atas Pandemi yang ada, menuntut kita untuk terus-menerus memahami kondisi dan berbagai aspek Secara alamiah dengan bagaimana kita mensiasati kondisi yang ada, Ujar Iin.

Kegiatan Sosialisasi tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid 19, dan kegiatan berakhir ditandai dengan foto bersama.

  • Penulis & Editor - Fhotografer
  • Arahman Junianto