Lompat ke isi utama

Berita

Jangan Biarkan Bawaslu Sendiri : kembangkan Pojok Pengawasan, Bawaslu Ajak Masyarakat Kawal Pemilu.

Jangan Biarkan Bawaslu Sendiri : kembangkan Pojok Pengawasan, Bawaslu Ajak Masyarakat Kawal Pemilu.

Bawaslu Sumsel mengajak masyarakat Sumsel untuk memanfaatkan pojok pengawasan yang menjadi wadah bagi masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dalam pengawasan, demokrasi, dan kepemiluan.

Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto yang membuka diskusi Pojok Pengawasan ini berharap, masyarakat dapat turut serta menjadi kader pengawas. “Yang perlu dikejar adalah mewujudkan demokrasi secara substansial dengan mewujudkan penyelengaraan berkualitas, berintegritas, dan bermartabat. Dan ini perlu dukungan pelibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu maupun pemilihan,” ungkap Iin.

Pengamat Pemilu sekaligus merupakan Ketua Bawaslu Periode 2012-2017 Andika Pranata Jaya menegaskan dalam melakukan pengawasan pemilu, Bawaslu tidak bisa sendiri melainkan butuh pelibatan dari masyarakat.

“Jangan biarkan Bawaslu bekerja sendiri. Pemilu ini adalah urusan semua elemen karena hasil akhirnya mempengaruhi semua komponen,” ujar Andika dalam Diskusi Pojok Pengawasan Bawaslu Sumsel.

Anggota Bawaslu Sumsel Junaidi juga mengakui bahwa Bawaslu membutuhkan masyarakat untuk sama-sama mengawal demokrasi. “Kami akui, Bawaslu tidak bisa sendiri. Untuk mengawasi ini, personil kami tidak cukup sehingga kami membutuhkan masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat nantinya tidak hanya sekadar datang mencoblos saja ke TPS melainkan sudah ikut berpartisipasi untuk mengawasi sejak tahapan dimulai.