Lompat ke isi utama

Berita

FASILITASI SENTRAL PENEGAKAN HUKUM TERPADU PADA TAHAPAN KAMPANYE PEMILU TAHUN 2024: BAWASLU KABUPATEN OKU SELATAN

Foto Kasek, Kordiv PP & DATIN, KASI INTEL KEJARI, KAPOLRES

Foto Kasek, Kordiv PP & DATIN, KASI INTEL KEJARI, KAPOLRES

Bawasluokuselatan- Pelaksanaan Fasilitasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu (GAKKUMDU) Pada Tahapan Kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Graha Serasan Seadanan Kecamatan.Banding Agung, Senin, 05/01/2024.

Sesuai dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilu (Perbawaslu) Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Sentra Penegakan Hukum Terpadu Pemilihan Umum (Pemilu) dan Perbawaslu Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Pengawasan Penyelenggara Pemilu.

Foto Kegiatan Pembukaan SETRAL GAKKUMDU

Adapun tiga unsur dari Sentra Gakkumdu Kabupaten OKU Selatan, yaitu Kerjari, Kapolres dan Bawaslu Kabupaten OKU Selatan.

Sehingga judul dari kegiatan tersebut ialah "Fasilitas Sentra Penegakan Hukum Terpadu Pada Tahapan Kampanye Pemilu Tahun 2024", kegiatan dimulai 5-6 Februari 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh, Komang Wardiasa, S.I.Kom ( Kordiv. Penindakan Pelanggaran dan Data Informasi), Hernila Fitri, S.IP (Kordiv. Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat). Ketua dan Anggota Panwaslu se-Kecamatan Kabupaten OKU Selatan , dari unsur Kejaksaan yaitu H. Aldi Rinanda Rijasa,S.H, M.H. Kasi DATUN KEJARI Kabupaten OKU Selatan beserta jajaran, Kapolres OKU Selatan, AKBP. Listiyono Dwi Nugroho,S.I.K, M.H, Beserta jajaran.

Defrizal Budi, S.Kom, Ketua Pelaksana dan juga sebagai Kepala Sekretariat menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut ialah menyamakan persepsi dalam memberikan pemahaman terhadap tatacara mekanisme sesuai dengan ketentuan Undang-undang.

"Menyamakan persepsi dan memberikan pemahaman akan pentingnya pengetahuan terhadap tatacara, mekanisme, prosedur penanganan pelanggaran Tindak Pidana Pemilu Tahun 2024 sesuai dengan. Ketentuan Undang-undang, mengoptimalkan peran sentra Gakkumdu dalam mengurangi Potensi pelanggan Pemilu" Ujarnya

Foto bersama, Kapolres, Kejari dan Panwascam se-Kabuapten OKU Selatan

Sementara itu selaku Komang Wardiasa, S.Kom. Koordinator Gakkumdu dari Unsur Bawaslu Kabupaten OKU Selatan menyampaikan dalam pidatonya bahwa pentingnya sinergitas yang kuat  dan Bawaslu Kabupaten terus berkomunikasi langsung bersama Unsur dari Kepolisian, Kejari, agar eksistensi Sentra Gakkumdu semakin terjaga.

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Teggakan Keadilan Pemilu.

Penulis : Roni ADP

Editor : Eka Lestari