Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU OKU SELATAN LAKSANAKAN RAKOR BERSAMA PANWASCAM SE KAB. OKU SELATAN

BAWASLU OKU SELATAN LAKSANAKAN RAKOR BERSAMA PANWASCAM SE KAB. OKU SELATAN

Kecepatan dan keakuratan laporan, menjadi salah topik penting yang dibahas pada Rapat Koordinasi Bawaslu se OKU Selatan, yang dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Maret 2019.
    Rapat koordinasi ini dipimpin oleh Ketua Bawaslu OKU Selatan Hery Afrizon, yang didampingi oleh Komisioner lain, Sigit Juarez, Amrulloh, dan Koordintor Sekretariat Bahdozen Hanan.  
    Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Ahmad Basid menyampaikan apresiasi kepada Panwascam dan PKD yang telah bekerja maksimal, dan sesuai dengan waktu yang ditetapkan. OKU Selatan tidak perlu melakukan perpanjangan masa pendaftaran Pengawas TPS, karena kuota yang mendaftar, telah melampaui batas 200 % yang akan diterima.
    Dalam rapat koordinasi ini juga, Hery Afrizon memaparkan langkah langkah yang harus dilaksanakan pada saat pemungutan suara. Cara penanganan penyampaian laporan untuk daerah yang tidak ada sinyal internet.
    Hery Afrizon meminta semua PKD dan Pengawas TPS menyampaikan laporan dalam kesempatan pertama. Begitu selesai penghitungan suara yang dituangkan pada C1 Plano, maka PKD harus segera mengirimkan foto hasil penghitungan suara saat itu juga.
    Walaupun secara fisik C1 masih harus dibawa dan dikawal, tetapi dokumentasi C1 di setiap TPS sudah didokumentasikan oleh Bawaslu OKU Selatan.
    Untuk memperkuat jaringan pelaporan, Bawaslu OKU Selatan mengerahkan 24 orang operator yang akan fokus di masing-masing kecamatan. 19 operator yang akan menerima laporan dari 19 kecamatan, dan 5 orang operator yang melakukan rekapitulasi penghitungan pemilihan presiden/wakil presiden, DPD, dan anggota legislatif dari tinggkat kabupaten hingga tingkat pusat.
    Hery Afrizon menambahkan, Bawaslu ingin menjadi lembaga yang kredible dan independen sebagai pengawal proses demokrasi bangsa ini.