Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu OKU Selatan Hadiri Upacara Peringatan Hari Pancasila Secara Virtual

Bawaslu OKU Selatan Hadiri Upacara Peringatan Hari Pancasila Secara Virtual

MuaraduaBadan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan hadiri undangan Upacara peringatan hari Pancasila 01 Juni 2022 dengan berlangsung secara virtual, yang disaksikan diruang rapat pada, Rabu 01 Juni 2022.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu OKU Selatan Hery Afrizon, SH didampingi Kordiv. SDM dan Organisasi Ahmad Basid, SE dan Kepala Sekretariat Bahdozen Hanan, S.Pd., M.Si, Kassubag Pengawasan dan Hubal Defrizal Budi Hartono, S.Kom, staf CPNS, dan staf PPNPN Sekretariat dilingkungan Bawaslu OKU Selatan.

Setiap 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2022 ini dipusatkan di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur. Masyarakat juga bisa ikut berpastisipasi dalam upacara ini secara virtual.

Awalnya, gagasan dari Soekarno mengenai dasar negara Indonesia yang diterima oleh para anggota BPUPKI dalam sidang pada 1 Juni 1945, pidato yang disampaikan oleh Soekarno dan dan diberi judul “Lahirnya Pancasila” oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat, dari mantan Ketua Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Kata Pancasila sendiri diambil dari bahasa sansekerta, di mana Panca berarti lima dan Sila yang berarti dasar atau asas.

Upacara virtual ini diikuti oleh seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Turut hadir secara luring dan daring, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Frederick, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, para Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Kepala BPIP Yudian Wahyudi, serta Bupati Ende Djafar Achmad.

Harapannya melalui rangkaian kegiatan ini bisa membentuk semangat baru yang menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila sehingga menginspirasi masyarakat terutama kaum muda untuk bersama - sama dan mengedepankan persatuan untuk membumikan Pancasila.

Penulis & Editor : Arahman Junianto, S.Pd