Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU KABUPATEN OKU SELATAN MENGELAR SOSIALISASI PENGAWASAN PENYELENGARAAN PEMILU PARTISIPATIF SERTA PENANDATANGAN MoU

foto pembukaan sosialisai pengawas Partisipatif

foto pembukaan sosialisai pengawas Partisipatif

BawasluOKUSelatan-  Bawaslu Kabupaten OKU Selatan menggelar sosialisasi pengawasan penyelenggaraan pemilu partisipatif dalam persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Pendopo Hotel Samudra, Muaradua, Rabu, 30/01/2024.

Foto bersama OKP, ORMAS, MEDIA dan FKUB, serta rekan Panwascam P2H SeKecamatan Muaradua

Serta penandatanganan  Nota Kesepahaman (MoU) Bersama OKP, FKUB, Ormas, dan Media, dihadiri sekitar 80 Orang.

Diantaranya, Lurah , Mahasiswa STIT DARUL HUDA Muaradua, Pemuda Muhammadiyah, GP. Ansor, KAHMI, PSHT, KNPI,Pramuka, IKADI,ICMI, Siswa SMK/SMA, Karang Taruna, Disabilitas, GMNI, BAPERA, FKUB , dan Kader Partisipatif serta Tamu Undangan Lainya.

Penandatangan MoU oleh, OKP, ORMAS, FKUB, Media dan Kader Partisipatif

Ariefandi Ketua Pelaksana Kegiatan, menyampaikan bahwa pengawas pemilu tingkat Kecamatan diharapkan lebih peka dalam menjalin komunikasi menjelang pemilu.

"Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan edukasi agar masyarakat lebih aktif dalam pembangunan dan pengawasan masyarakat di Pemilu 2024 mendatang," ujarnya

Sedikit dijelaskan dia juga, jika kegiatan yang dilaksanakan Sumber dana berasal dari DIPA Bawaslu OKU Selatan tahun 2024.

Diskusi Interaktif bersama Pengawas Partisipatif

Hernila Fitri. S.IP, Koordinator Divisi  Pencegahan Partisipasi masyarakat dan Hubungan Masyarakat  Bawaslu Kabupaten OKU Selatan, menjelaskan bahwa Tahapan pemilu sudah sampai pada data pemilih tambahan (DPTb). Dengan empat kriteria, seperti Bertugas ditempat lain, lapas,  karena bencana. dan  Menjalani Rawat Inap (Sakit).

Hernila juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu, mengurus pindah domisili jika diperlukan, dan melaporkan pelanggaran yang terjadi  sesuai dengan peraturan perundangan undangan.

Sesuai dengan Peraturan Bawaslu no 2 tahun 2023,  Pengawasan Partisipatif salah satu cara menimalisir permasalahan dalam pemilu adalah pengawasan partisipatif.

"Kegiatan ini adalah salah satu bentuk Pencegahan terjadi pelanggaran dalam tahapan Pemilu, melibatkan semua pihak berpartisipasi dalam pengawasan setiap tahapan Pemilu, sehingga Pemilu berlangsung dengan jujur adil dan damai. Tahapan berjalan sesuai dengan peraturan dan perundang undangan yang berlaku" ujarnya.

Pemateri I : Arif Prawita KPU Kabupaten OKU Selatan  dan  Pemateri II : Hesmasyudi, dari Dinas Kominfo

Materi dari anggota KPU menjelaskan tentang. kampanye dan Pungut Hitung, sementara narasumber dari Kominfo memberikan pemahaman mengenai berita  Hoax, isu-isu Negative di media sosial.

"Harapan kami kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta tentang tahapan pemilu dan mengawal prosesnya dengan baik." Harapnya.

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu.

Penulis dan Editor  : Roni ADP