Lompat ke isi utama

Berita

Abhan Buka Seminar dan Lokakarya Nasional, Bawaslu Tetapkan Penulis Terbaik 'Call of Paper' Penyelesaian Sengketa

Abhan Buka Seminar dan Lokakarya Nasional, Bawaslu Tetapkan Penulis Terbaik 'Call of Paper' Penyelesaian Sengketa

Ketua Bawaslu Abhan mengapresiasi seluruh tulisan terkait isu penyelesaian sengketa yang telah masuk dan ditinjau. Call of Paper yang diselenggarakan Bawaslu diketahui telah menjadi wadah untuk berbagai unsur masyarakat memberikan perspektifnya dalam Penyelesaian Sengketa proses pemilu maupun pilkada.  disampaikan dalam membuka Seminar dan Lokakarya Nasional.

Menurutnya dari 63 peserta, sebanyak 20 terpilih sebagai penulis terbaik  yang telah ditetapkan penulisan Call of Paper ini dapat menjadi evaluasi dan penguatan untuk menentukan format ideal di dalam penyelesaian sengketa proses pemilu. "Melalui Call of Paper ini saya harapkan banyak masukan untuk penyempurnaan lembaga kami di dalam salah satu tugas penyelesaian sengketa proses," katanya dalam Seminar dan Lokakarya Nasional bertema penguatan literasi penyelesaian sengketa proses pemilu/pemilihan.

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja menambahkan, adanya seminar dan lokakarya nasional ini juga menjadi ajang untuk memperkuat  teori dan konsep yang dimiliki penyelesaian sengketa. Sehingga dia berharap konsep dalam peradilan sengketa dapat lebih komprehensif. "Mungkin dasar kita sudah cukup kuat tetapi perlu masukan dari teman teman akademisi dan partisipan pemilu/pemantau dan juga akademisi maupun mahasiswa," terang dia.

Artikel terpilih diketahui akan diterbitkan dalam bentuk buku ber-ISBN dan mempresentasikan artikelnya dalam lokakarya nasional ini. "Kami merindukan kritik dan masukan untuk memperkuat Bawaslu ke depannya," kata Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu tersebut.

Acara ini dihadiri Ketua Bawaslu Abhan, Mantan Ketua Bawaslu periode 2008-2012 Nur Hidayat Sardini,  Hakim konstitusi Saldi Isra (secara daring), Direktur Jenderal  Bidang Politik dan Hukum Umum Kemendagri, Bahtiar (secara daring), seluruh Kordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu di 34 provinsi, KPU RI, MK, perwakilan partai politik, asosiasi advokat, organisasi masyarakat (ormas) serta 20 penulis terbaik Call of Paper.

Bawaslu Kabupaten OKU Selatan hadir dalam kegiatan Seminar dan Lokakarya yang dihadiri oleh kepala sekretariat, Bahdozen Hanan, S.Pd., M.Si dan Staf Penyelesaian Sengketa (secara daring) di ruang rapat pada, Kamis 16 Desember 2021.