Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU SUMSEL TANDA TANGANI MoU DENGAN KANWIL KEMENAG, DALAM RANGKA PENGAWASAN PARTISIPATIF PEMILU SERENTAK 2024

BAWASLU SUMSEL TANDA TANGANI MoU DENGAN KANWIL KEMENAG, DALAM RANGKA PENGAWASAN PARTISIPATIF PEMILU SERENTAK 2024

Bawaslu saat ini sedang dalam tahap finalisasi perubahan Revisi Perbawaslu No. 3 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Bawaslu No. 1 tahun 2020. Pengawasan menjadi tugas kelembagaan, dan divisi pengawasan akan berubah menjadi divisi Pengawasan, Pamas dan Humas. Karena itu akan dilakukan pemetaan strategi pencegahan, partisipasi masyarakat dan Humas.


Hal ini disampaikan Junaidi, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, pada saat acara Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu dan Partisipatif dan Penandatangan MoU dengan Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan, di Hotel Beston Palembang pada 21 - 22 Juni 2022.

Acara Rapat Koordinasi ini dibuka secara resmi oleh Lolly Suhenty, S.Sos.I., M.H. Koordinator DivisI  Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Republik Indonesia secara daring, dari Jakarta.


Kehumasan mempunyai peran penting dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilu. Kehumasan ini akan diampu oleh Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas.

“Tahapan telah dimulai, kami minta Bawaslu Kabupaten/Kota untuk mengidentifikasi yang akan, yang sedang dan akan dilaksanakan oleh Pimpinan Bawaslu Kabupaten/Kota”, tegas Junaidi. 

Dalam acara ini juga ditanda tangani MoU antara Bawaslu dan Kanwil Kemenag Sumsel, untuk turut serta melaksanakan pengawasan Pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 nanti.


Dalam kesempatan ini, Hery Afrizon menyampaikan laporan, yang sedang dilakukan Bawaslu saat ini, yaitu : melaksanakan sosialiasi melalui media sosial dan website.
Sedangkan yang akan dilaksanakan ke depan :
-    sosialisasi pengawasan parisipatif yang melibatkan Organisasi Masyarakat, Organisasi Pemuda, FKUB
-    Penandatanganan MoU dengan FKUB dan Forum Da’i tentang Kerjasama pengawasan partisipatif.
    Dari Kabupaten OKU Selatan, kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Hery Afrizon, Kepala Sekretariat Bahdozen Hanan dan staf Maria Simaremare.

Editor : Arahman Junianto