Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten OKU Selatan Menghimbau Seluruh Panwaslu Kecamatan Beserta Jajarannya Untuk Tetap Mematuhi Kode Etik Sesuai Dengan Ketentuan DKPP

UTAMA

Foto Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten OKU Selatan

HumasBawasluOKUS_ Sesuai dengan ketentuan Peraturan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kode etik dan Pedoman Penyelenggara Pemilu dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan mengeluarkan surat imbauan No : 137/PM/.00.02/K.SS-11/08/2024 , Tanggal 29 Agustus 2024, kepada Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan Jajaran terkait hal-hal berikut :

1.  Seluruh Anggota Pengawas Kecamatan dan jajarannya wajib menjaga netralitas dalam setiap tindakan dan keputusan. Tidak diperkenankan untuk mendukung, berpihak, atau terlibat dalam kegiatan politik praktis yang dapat mempengaruhi objektivitas dan keadilan proses pengawasan.

2. Seluruh Anggota Pengawas Kecamatan dan jajaran dilarang keras untuk terlibat dalam kegiatan politik, baik sebagai anggota partai politik, pendukung calon, maupun sebagai bagian dari kampanye politik. Keterlibatan dalam aktivitas politik akan merusak kepercayaan masyarakat terhadap netralitas Panwaslu Kecamatan beserta jajaran.

3. Seluruh Anggota Pengawas Kecamatan dan jajaran untuk melaksanakan tugasnya dengan transparansi dan akuntabilitas. Semua keputusan, tindakan, dan proses pengawasan harus dilakukan secara terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan, untuk memastikan bahwa pengawasan dilakukan secara adil dan objektif.

4.Seluruh Anggota Pengawas Kecamatan dan jajaran diharapkan untuk menghindari setiap situasi yang dapat menimbulkan konflik kepentingan. Apabila ada potensi konflik kepentingan, seperti hubungan pribadi atau afiliasi dengan calon atau partai politik tertentu, diharapkan segera melaporkan kepada atasan dan mengambil langkah-langkah untuk segera ditindaklanjuti.

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu

Editor : Roni ADP